Kelapa Hijau

kelapa hijau Banyak Manfaat

kelapa hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena air kelapa ijo dapat menetralisir segala macam racun yang ada di dalam tubuh kita, racun racun yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang terbawa pada makanan kita pada aktivitas kita maupun karena kebiasaan kita merokok, minum-minuman keras maupun mengkonsumsi narkoba, selain hal-hal tersebut diatas air kelapa ijo juga dapat menetralisir tubuh dari pengaruh mistik.

kelapa hijau 150x150  kelapa hijau Banyak ManfaatKelapa hijau dipercaya berkhasiat sebagai hemostatik, antipiretik dan diuretik dan laksatif, dan dapat mengatasi berbagai penyakit seperti :   bronchitis, demam, disentri, hepatitis, (akar) ;  mencret, sakit perut, ( arang tempurung); batuk darah, batu ginjal, cacing kremi, keracunan ikan, muntah darah dan pencahar (daging buah); mencret, sakit perut dan bengkak (buah muda); nyeripinggang, penawar racun, peradangan usus (air kelapa) dan  perawatanrambut dan bahan pembawa ramuan luka bakar (minyak kelapa).

Pengetahuan tradisional ini perlu dibuktikan dengan hasil analisa empirik dan saat ini telah diketahui dengan hasil analisa kandungan nutrisi dari kelapa hijau yang banyak mengandung giziesensial. Daging buah kelapa hijau muda misalnya, kaya akan kalori terutama dari karbohidrat. Protein kelapa hijau, dibandingkan dengan kacang-kacangan, lebih baik dalam hal asam amino isoleusin, leusin, lisin, threonin dan valin.

Adapun analisa nilai nutrisi daging buah kelapa hijau umur 8 bulan adalah kadar air 90 , 59 %, kalori437 kkal/100 g, minyak 26 ,67 %, protein 10 , 67 %, serat kasar 3 ,98 %, total karbohidrat 38 ,45 %, pati 13 ,53 %, gula sebagai glukosa 24 ,92 %.

Sementara komposisi asam amino daging buah kelapa hijau adalah isoleusin 2 ,5 g/16 g N, leusin 4 ,9 g/16 gN, lisin 2 ,7 g/16 g N, metionin 1 ,5 g/16 g N, threosin 2 ,3 g/16 g N, tripthopan0 ,6 g/16 g N dan valin 3 ,8 g/16 g.

Mineral utama yang terdapat pada daging buah kelapa hijau adalah Fe (17 ppm), S (4 ,4 ppm), Cu (3 ,2) , P (2.4 ppm).

Kandungan vitamin pada buah kelapa hijau meliputi vitamin C (10 ppm), vitamin B(15 IU), dan vitamin E (2 ppm).   Minyak kelapa sangat mudah dicerna dan diabsorbsi tubuh karena mengandung trigliserida yang tersusun dari lemak rantai sedang ( C6- C12). Komposisi asam lemak dalam minyak buah  kelapa hijau adalah C8 5- %, C 10 6 – 10 % dan C 12 44 – 45 % (total 55- 65 % asamlemak rantai sedang). Trigliserida asam lemak rantai sedang dapat digunakan untuk mengatasi hiperlipidemia dan kegemukan serta dapat digunakan dalam ransum untuk pasien pasca bedah dan bayi premature.   Daging buah kelapa hijau juga mengandung 0 ,2 mg vitamin E (sebagai tokoferol), namun proses produksi minyak secara konvensional yang biasanya mengaplikasikan panas dan tekanan, mengurangi kandungan tokoferol dalam hasil akhir. Kandungan vitamin E optimum dapat diperoleh melalui perbaikan proses, yaitu dengan proses sentrifugasi santan dan produk yang dihasilkan dikenal dengan nama virgin oil. Virgin oil mempunyai aroma kelapa segar. Saat ini Virgin oil yang lebih dikenal dengan VCO ( Virgin Coconut Oil ) diyakini manfaatnya untuk mengatasi penyakit kanker bahkan dianggap lebih ampuh dibandingkan dengan buah merah ( Pandanus conoideus ).

Air buah kelapa hijau muda (7 – 8 bulan) mengandung protein 0 ,13 g, minyak 0 ,12 g, karbohidrat 4 ,11 g, mineral Ca 20 mg, Fe 0 ,5 mg, vitamin asam askorbat 2 ,2 – 3 ,7 mg dan air95 ,01 / 100 g.

KELAPA HIJAU MANFAATNYA APA AJA?:

a. Air kelapa hijau berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa hijau muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

b. Jika air kelapa hijau muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

c. Air kelapa hijau juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum airkelapa hijau muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

d. Mencuci muka dengan air kelapa  secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkanjerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

e. Campurlah air kelapa hijau dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

f. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa hijau, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

g. Air kelapa hijau juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

h. Jika air kelapa hijau muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Kelapa hijau merupakan salah satu jenis dari berbagai spesies yang pada pohon kelapa. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan mana yang kelapa ijo dan hijau. Tapi, setelah dibelah, baru telihat perbedaannya. Kelapa hijau jika dikupas, seratnya berwarna merah. Rasa airnya rada pahit, tidak seperti kelapa hijau yang segar kendati tidak dicampur dengan gula.

Selain itu, kelapa hijau juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malan air kelapa hijau, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi, insya Allah suara akan menjadi lebih panjang dan merdu. sumber kelapa hijau (September 30, 2011 by Devri Savata)

One thought on “Kelapa Hijau

  1. 9 January 2008nak ke korang donowlad?sbb neutronic baru je kuarkan kenyataan DAH DAH JGN DATANG LAGI ke blog dia,,utk sapa tak tau,,utk aku kot!aku tak ada pun kutuk dia,,tiba2 angin,,haisy~ tak phm,,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>